Terlepas dari masalah yang terjadi dengan pandemi COVID-19, bisnis Anda harus terus berjalan dan membantu orang dengan produknya. Jika staf Anda menghadapi masalah dengan operasi bisnis karena mereka tidak dapat bertemu, lihat tipsĀ ini untuk membantu Anda mempertahankan bisnis selama COVID-19 dan memastikan Anda terus memenuhi kebutuhan pelanggan.
Transisi ke tenaga kerja virtual
Meskipun karantina dapat menghalangi Anda untuk bekerja sama secara fisik, Anda tetap harus menangani operasi bisnis Anda. Karenanya, Anda dapat beralih ke tenaga kerja virtual tempat semua orang bekerja dari rumah. Dengan cara ini, Anda dapat mencakup semua yang Anda butuhkan sambil mengikuti peraturan pandemi. Ini mengharuskan setiap orang untuk bekerja dari jarak jauh.
Orang-orang juga harus bertanggung jawab atas pekerjaan mereka dan melakukan semua yang diperlukan sesuai tenggat waktu yang Anda tentukan. Pastikan Anda membuat persyaratan dan harapan Anda jelas bagi karyawan Anda sehingga mereka memahami tugas apa yang harus mereka selesaikan dan kapan harus menyelesaikannya.
Dengan tenaga kerja virtual, ada lapisan tambahan keamanan bisnis yang harus dipastikan, terutama dengan industri yang diatur secara ketat seperti perawatan kesehatan dan keuangan. Ikuti poin-poin berikut untuk menjaga keamanan data saat bekerja dari jarak jauh.
- Tetapkan kebijakan.
- Gunakan akses VPN.
- Pandu karyawan Anda saat menyiapkan ruang kerja jarak jauh.
- Buat kebijakan kata sandi yang kuat.
- Gunakan perangkat lunak manajemen titik akhir.
Saat Anda mengikuti pedoman ini, dimungkinkan untuk menciptakan tenaga kerja virtual yang efektif dan aman untuk bisnis Anda, apa pun industri tempat Anda berada.
Pusat komando virtual akan berfungsi sebagai titik panduan untuk bisnis Anda. Ini memungkinkan para pemimpin bisnis Anda untuk bertemu setiap hari dan mendiskusikan operasi bisnis sehingga mereka dapat menjaga agar semuanya berjalan lancar. Setelah membuat keputusan, mereka kemudian memberi tahu anggota tim mereka tentang situasi dan peran mereka dalam proses tersebut. Pusat komando virtual membantu karyawan dalam berbagai cara. Mereka memiliki tempat yang akan membimbing mereka dan memberi tahu apa yang perlu mereka lakukan. Beberapa karyawan kesulitan ketika mereka tidak memiliki rencana atau tugas yang perlu mereka atasi, jadi pusat komando virtual memberi para pemimpin kesempatan untuk menetapkan tugas-tugas ini. Ini kemudian membuat prosesnya lebih lancar untuk semua orang.
Selain itu, anggota tim tidak perlu khawatir untuk menemukan jawaban karena mereka dapat mengajukan pertanyaan kepada pemimpin tim mereka. Setelah melakukannya, pemimpin kemudian dapat membawanya ke pusat komando virtual dan mereka dapat memutuskan apa yang harus mereka lakukan dengan setiap situasi. Singkatnya, pusat komando virtual akan menjaga bisnis Anda tetap teratur dengan tetap menjaga efisiensi.
Konsultasikan dengan penyedia Provider
Banyak bisnis menggunakan penyedia host untuk memelihara situs web mereka dan menjaganya tetap berjalan dan aman melalui periode aktivitas digital yang meningkat. Karena terlalu banyak aktivitas dapat menyebabkan situs web melambat atau macet, host yang dikelola adalah pengaman untuk menjaga agar sistem tetap berjalan, memecahkan masalah sepanjang waktu, dan menjaga keamanan di setiap langkahnya. Saat karyawan Anda bertransisi untuk mengerjakan bisnis dari jarak jauh dan lebih banyak transaksi bisnis terjadi secara online, bicarakan dengan penyedia host Anda tentang kebutuhan yang diharapkan, dan dapatkan kapasitas dan pergeseran layanan yang tepat sebelumnya. Saat berbicara dengan penyedia host Anda, tanyakan tentang:
- Meningkatkan kapasitas situs web Anda
- Mengoptimalkan kecepatan muat dengan mengompresi gambar dan file
- Analisis dan pantau prosesnya
- Gunakan jaringan pengiriman konten (CDN) untuk memindahkan elemen tertentu dari situs Anda
Jalani prosesnya secara perlahan dan tetap berhubungan dengan penyedia hosting Anda agar situs web Anda berjalan lancar.
Selalu beri tahu pelanggan
Sebagai sebuah bisnis, dan terutama selama masa ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya, Anda perlu selalu membuat pelanggan senang. Berusahalah untuk selalu memberi tahu pelanggan Anda tentang berbagai perubahan pada bisnis Anda dan bagaimana hal itu memengaruhi mereka. Melakukan hal ini akan menghindari situasi di mana pelanggan menjadi kesal karena terjadi perubahan yang tidak mereka ketahui. Gunakan pemberitahuan pelanggan di berbagai saluran untuk menjangkau pelanggan dan staf Anda untuk perubahan terbaru.
Misalnya, Anda dapat menggunakan email, pesan teks, halaman baru, atau mengingatkan situs web dan akun media sosial Anda untuk dengan mudah mengirim pembaruan ke pelanggan Anda. Banyak bisnis menggunakan saluran ini karena mereka ingin terus menginformasikan pelanggan mereka dan menghindari kebingungan dan masalah. Bergantung pada bisnis Anda, Anda bahkan mungkin ingin pengelola akun atau perwakilan penjualan menghubungi kontak untuk mengonfirmasi kelangsungan bisnis secara lisan.
Orang tidak akan mengikuti semua saluran Anda, tetapi banyak dari pelanggan Anda akan mengikuti setidaknya satu saluran. Itulah mengapa Anda perlu membagikan pembaruan dan perubahan ini ke semua saluran jika memungkinkan. Pelanggan membutuhkan Anda untuk berkomunikasi dengan mereka dan berbagi perubahan penting yang mempengaruhi mereka, terlebih lagi saat ini. Pastikan untuk menggunakan semua saluran Anda yang tersedia untuk menyampaikan pesan kepada semua orang.
Jangan berhenti!
Tidak ada yang mengatakan bahwa situasi ini mudah bila kamu berpikir positif, atau bersikaplah optimis agar wabah COVID-19 ini segera berakhir. Tidak ada jaminan semacam itu.
Akan tetapi, kamu benar-benar perlu mencoba tidak memiliki sugesti bahwa bisnis milikmu akan berakhir akibat pandemi ini, dan cobalah mengelola rasa panik dan stres dengan baik. Sehingga akhirnya, keputusan bisnis yang kamu ambil dapat lebih rasional dan terukur.
Sebab meski sangat sulit, sekarang bukan waktunya untuk berhenti. Kamu perlu terus memasarkan produk, berusaha menciptakan penjualan, menggaet pelanggan baru sambil mempertahankan mereka yang setia. Dan semua hal tersebut tidak akan terjadi, jika kamu berhenti.
Alih-alih berhenti, lebih baik terus berusaha menjalankan operasional bisnis harian dengan berbagai penyesuaian yang diperlukan.