mirip yang telah aku jelaskan pada artikel saya wacana lima fondasi dasar presentasi hebat, mengenal audiens artinya salah fondasi primer yang akan menjadi penentu dari kesuksesan presentasi.
serta di sini aku akan bahas lebih lanjut ihwal hal itu. aku akan mengajak Anda melihat cara melakukan analisis buat mengenali audiens presentasi.
Terkait menggunakan analisis ini terdapat tiga aspek yg perlu Anda analisis demografis, aspek psikologis dan aspek kontekstual.
1. Aspek Demografis
Tujuan dari analisis aspek demografis artinya buat mengetahui siapa yg Anda ajak bicara. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda analisis dari aspek demografis.
- Apa latar belakang pekerjaan mereka?
- Apa latar belakang pendidikan mereka?
- Apa posisi mereka dalam organisasi?
- Apa latar belakang kepercayaan , ras, suku dan budaya mereka?
dua. Aspek Psikologis
Tujuan dari analisis aspek psikologis ialah buat mengetahui apa yang dipahami serta yakini sang audiens sebelum mengikuti presentasi. Berikut ialah beberapa hal yang perlu Anda analisis dari aspek psikologis.
- Apa dilema mereka
- Apa yg ingin mereka dengar?
Sejauh mana tingkat pengetahuan mereka terhadap topik yang akan disampaikan Mengapa mereka perlu mendengarkan topik yang akan disampaikan
tiga. Aspek Kontekstual
Tujuan berasal analisis kontekstual adalah buat mengetahui bagaimana situasi yang Anda hadapi. Berikut artinya beberapa hal yg perlu Anda analisis asal aspek kontekstual.
- Apakah mereka hadir sukarela atau sebab kewajiban ?
- Dimana presentasi dilakukan?
- Bagaimana kondisi ruangan serta peralatan yg akan dipergunakan?
- Berapa lama waktu yg diberikan?
Itulah 3 aspek krusial yg harus Anda ketahui asal audiens.
menggunakan demikian Anda akan akan tahu bagaimana memilih pendekatan presentasi yg paling sesuai menggunakan ciri serta kebutuhan audiens.