Pengertian Media Massa
berdasarkan Leksikon Komunikasi, media massa adalah “sarana penyampai pesan yg berafiliasi pribadi menggunakan warga luas contohnya radio, televisi, serta surat berita”.
Media merupakan bentuk jamak asal medium yg berarti tengah atau mediator. Massa berasal berasal bahasa Inggris yaitu mass yang berarti gerombolan atau deretan. menggunakan demikian, pengertian media massa merupakan mediator atau alat-alat yang dipergunakan sang massa pada hubungannya satu sama lain (Soehadi, 1978:38).
yg termasuk media massa terutama ialah suratkabar, majalah, radio, televisi, dan film menjadi The Big Five of Mass Media (lima besar Media Massa), pula internet (cybermedia, media online).
Jenis Media Massa
sehabis memahami apa itu media massa dan fungsinya, selanjutnya kita akan mengulas mengenai jenis-jenis media massa. Jenis media massa secara garis akbar terbagi menjadi jenis berdasarkan saat serta jenis berdasarkan bentuk. Berikut merupakan jenis media massa sesuai waktunya:
Media massa tradisional
Media massa tradisional menyampaikan informasi yang didapat berasal lingkungan dan telah diseleksi, diterjemahkan, lalu baru disebarluaskan kepada khalayak luas. Media massa tradisional ialah mediator yang mengirimkan informasinya melalui saluran eksklusif dalam prosesnya. hubungan yang terjadi antara media massa dengan khalayak penerima pesan cenderung sedikit, tetapi bukan berarti penerima pesan bersifat pasif.
Penerima pesan pada media massa tradisional merupakan bagian berasal struktur sosial warga yg tidak pasif dalam mendapatkan serta menyeleksi info yg disampaikan. menggunakan istilah lain, penerima pesan berasal media massa tradisional permanen mempunyai kekuatan dalam menyaring serta mempercayai info yang diberikan media. Beberapa contoh media yg termasuk ke dalam media massa tradisional ialah surat liputan, televisi, radio, dan film.
Media massa modern
Media massa terkini terbentuk seirinig menggunakan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi yg memungkinkan munculnya banyak sekali media baru dalam masyarakat, misalnya artinya internet dan telepon seluler atau telepon genggam (handphone). Media massa modern bukan saja dipegang dan dikuasai oleh lembaga tertentu, namun setiap individu dapat menyampaikan dan membuatkan info kepada khalayak ramai. Hal ini juga didukung menggunakan tidak adanya perantara pada hubungan yang terjadi antara pemberi serta penerima pesan pada media massa terkini.
seperti pada media massa tradisional, sumber atau pemberi pesan dalam media massa terkini pula dapat memberikan serta berbagi gosip kepada poly orang sekaligus dengan cakupan yg luas. namun tidak sama menggunakan media massa tradisional, dalam media massa terkini penerima pesan yg menentukan kapan terjadinya waktu hubungan dengan pemberi pesan. Komunikasi yg terjadi dalam media massa modern pun bersifat mengalir dan 2 arah, dimana memungkinkan terjadi feedback langsung antara pemberi serta penerima pesan.
Media Massa Cetak (Printed Media).
Media massa yg dicetak pada lembaran kertas. berasal segi formatnya serta berukuran kertas, media massa cetak secara rinci meliputi (a) koran atau suratkabar (ukuran kertas broadsheet atau 1/2 plano), (b) tabloid (1/2 broadsheet), (c) majalah (setengah tabloid atau kertas berukuran folio/kwarto), (d) buku (setengah majalah), (e) newsletter (folio/kwarto, jumlah halaman lazimnya 4-8), serta (f) buletin (setengah majalah, jumlah laman lazimnya 4-8). Isi media massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan: isu, opini, dan feature.
Fungsi serta kiprah Media Massa
Fungsi Media Massa
Media massa juga memiliki fungsinya sendiri serta ada berbagai kiprah dalam pelaksaan fungsi tadi. Berikut ialah fungsi media massa sesuai menggunakan yg dijelaskan oleh Mc.Quail (1994):
- Fungsi isu, dimana media massa berperan pada menyediakan dan menyampaikan gosip tentang berbagai peristiwa, insiden, serta realita yang terjadi di pada masyarakat.
- Fungsi transedental, dimana media massa berperan krusial pada mengakui, mengekspresikan, serta mendukung adanya budaya lebih banyak didominasi serta budaya spesifik. Media masssa pula berperan pada terbentuknya perkembangan budaya baru yang ada pada rakyat, sekaligus tetap melestarikan nilai yang sudah terdapat.
- Fungsi hubungan, dimana media massa menafsirkan serta menyebutkan peristiwa yg terjadi berikut kemungkinan hubungan menggunakan hal atau insiden lain yg terkait.
- Fungsi mobilisasi, dimana media massa berperan dalam menyebarkan isu serta mengkampanyekan berbagai hal pada bidang ekonomi, politik, negara, kepercayaan , dan lain sebagainya.
- Fungsi hiburan, dimana media massa memberikan hiburan kepada audience sebagai wahana relaksasi serta pengalihan perhatian dari ketegangan sosial yg terjadi pada warga .
kiprah Media Massa
Denis McQuail (1987) mengemukakan sejumlah peran yang dimainkan media massa selama ini, yakni:
Industri pencipta lapangan kerja, barang, dan jasa dan menghidupkan industri lain utamanya pada periklanan/promosi.
asal kekuatan –indera kontrol, manajemen, serta inovasi masyarakat.
Lokasi (lembaga) buat menampilkan insiden rakyat.
wahana pengembangan kebudayaan –tatacara, mode, gaya hayati, dan norma.
sumber mayoritas pencipta gambaran individu, grup, serta masyarakat.