Revolusi Industri 4.0 mendorong berbagai negara di dunia buat terus berinovasi dalam ranah perekonomian digital. Melakukan penemuan dan mengikuti perkembangan yang terdapat memang tidak selalu mudah. ada aneka macam macam tantangan yg dihadapi melalui taktik-seni manajemen yg terpola. buat perkara pada tanah air, terdapat 5 tantangan pada investasi digital ekonomi pada Indonesia saat ini. Berikut pada antaranya yg perlu kamu ketahui.
Cyber Security
Cyber security masih menjadi tantangan primer di banyak sekali negara pada hal perekonomian digital. Begitu jua dengan investasi digital ekonomi Indonesia. menjadi negara berkembang yang mempunyai peluang besar , Indonesia memiliki arus transaksi online yg semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini akan menjadi celah baru bagi pihak yg tidak bertanggung jawab buat melakukan penyerangan terhadap global cyber. Bahkan negara kita pernah menerima 1.225 miliar serangan cyber setiap harinya.
galat satu bentuk serangan cyber ini artinya ransomware yg bisa menyerang website yang bergerak di perekonomian digital. kasus yang dapat dijadikan pelajaran adalah bagaimana ransomware dapat membobol bank sentral Bangladesh serta Malaysia. Akibatnya, kerugian yg cukup akbar pun tidak bisa dihindari. sang karena itu, krusial bagi pemerintah membentuk sistem keamanan internet tingkat tinggi guna menjaga transaksi dan investasi Ekonomi digital.
Persaingan yang semakin ketat
Perekonomian digital juga membawa persaingan pasar semakin ketat. Berkembangnya e-commerce seolah menjadi keran masuknya produk-produk dari negara lain ke Indonesia menggunakan praktis. Akibatnya, produk-produk lokal pun Jika tidak berkembang akan tergerus oleh produk asal negara lain yg cenderung dijual dengan harga terjangkau.
contohnya saja membanjirnya produk-produk berasal Cina, Singapura, juga Jepang. Ditambah lagi sat ini masih minim produk dari UMKM yg masuk pada ranah e-commerce. di sinilah dibutuhkan adanya sinergi berasal pihak pemerintah juga partikelir agar produk lokal ini dapat bersaing. Baik melalui pembinaan hingga donasi inovasi agar pada masa mendatang produk lokal dapat menikmati laba berasal adanya investasi digital ekonomi Indonesia.
Pembangunan asal daya manusia
Tantangan selanjutnya dalam menghjadapi investasi digital ekonomi Indonesia ialah tentang asal daya insan. Hal ini tentu menjadi PR bagi pemerintah pada negara-negara berkembang seperti Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. pada tahun 2017, sebagaimana dilansir asal Kompas.com, Google menjelaskan bahwa di Asia Tenggara asal daya profesional pada mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital masih minim.
mirip pekerjaan rumah pada negara-negara berkembang, tenaga kasar masih mendominasi sumber daya pada hal sistem perekonomian. Tantangan ini memang tidak bisa diselesaikan pada saat singkat. keliru satu pemecahannya merupakan pemerintah lagi-lagi wajib bekerja sama dalam mengedukasi rakyat dan mempersiapkan sistem pendidikan yg sinkron dengan perkembangan zaman Bila ingin mempunyai daya saing yg baik dalam menghadapi ekonomi digital saat ini.
Ketersediaan akses internet yg mumpuni
Sama halnya dengan pembangunan sumber daya insan, faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai infrastruktur. dalam hal ini, yang sebagai poin krusial ialah ketersediaan akses internet mumpuni pada hampir semua daerah. sebab, akses internet inilah yg memengaruhi investasi digital ekonomi di Indonesia.
saat ini akses internet masih terpusat di pulau-pulau terbesar saja mirip Jawa, Sumatera, Bali, serta Nusa Tenggara. Sedangkan wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua dinilai masih minim. Data tersebut dilansir sang Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia pada 2017 lalu. diperlukan menggunakan adanya program pembangunan internet, nantinya mampu mendorong peningkatan perekonomian.
Regulasi yang belum mengikuti perkembangan zaman
Tantangan lainnya artinya tentang adanya regulasi serta dasar aturan yg perlu dirancang buat mengikuti perkembangan zaman. aturan klasik yg menjelaskan bahwa aturan selalu berjalan tertatih-tatih mengejar perkembangan zaman mungkin akan berlaku Jika aturan main tentang digital ekonomi di Indonesia tidak ditangani dengan optimal.
Menanggapi hal ini, pemerintah pun dengan sigap membuat peraturan perundang-undangan yang mengatur jalannya perekonomian digital nasional. Begitu jua menggunakan lembaga-lembaga terkait. Ini semata-mata buat melindungi hak-hak konsumen serta pelaku ekonomi digital agar dapat berjalan menggunakan baik pada masa mendatang.
Setidaknya lima tantangan di ataslah yg waktu ini sangat relevan dihadapi sang pemerintah pada hal investasi digital ekonomi di Indonesia. Semoga ke depannya nanti tantangan-tantangan tersebut bisa segera teratasi demi ekonomi digital yg semakin berkembang di Indonesia.