Bekerja secara efektif dan efisien ini adalah salah satu tuntutan di tempat kerja agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Agar pekerjaan Anda selesai tepat waktu, Anda harus mengetahui cara bekerja efektif seperti di bawah ini. Tapi ingat, jangan lupa untuk mempraktekkannya juga!
1. Buatlah prioritas pekerjaan
Cara pertama untuk bekerja secara efektif adalah dengan menentukan prioritas dalam setiap pekerjaan Anda. Tentukan tugas mana yang memiliki prioritas tertinggi dan mana yang tidak harus segera diselesaikan.
2. Kelola waktu Anda dengan baik agar tetap produktif
Cara kerja efektif lainnya yang harus Anda ketahui adalah memiliki manajemen waktu yang baik. Pikirkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
3. Komunikasi itu penting
Berada di dunia kerja, artinya Anda tidak akan bekerja sendirian. Baik Anda bekerja dengan tim, dengan klien, atau dengan bos, Anda pasti terhubung dengan orang lain.
Salah satu cara bekerja efektif yang harus Anda lakukan adalah menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja Anda. Karena ketika Anda mampu berkomunikasi dengan baik, Anda akan menghemat waktu dan terhindar dari kesalahpahaman yang sering terjadi dalam kerja sama tim.
4. Buat dan ikuti rutinitas
Manusia memiliki jam tubuh yang terbentuk dari kebiasaan. Entah itu waktu makan, waktu tidur, atau waktu kerja. Jadi, agar pekerjaan berjalan dengan efisien, Anda harus membuat rutinitas kerja sendiri.
5. Ubah cara Anda berpikir
Cara bekerja efektif selanjutnya adalah dengan mengubah mindset atau pola pikir. Dengan berpikir positif dan mengubah cara berpikir Anda, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik. Anda tidak hanya dapat menyelesaikannya lebih cepat, pekerjaan Anda dapat memiliki hasil yang lebih baik.
6. Singkirkan gangguan
Agar Anda bisa lebih fokus, Anda harus menyingkirkan gangguan yang dapat menghambat pekerjaan Anda. Hal yang biasanya mengganggu kinerja sebagian besar karyawan adalah ponsel.
Buat perjanjian dengan diri sendiri bahwa ponsel baru dapat dipegang saat makan siang.
7. Kelola stres
Stres dapat menyebabkan masalah fisik dan mental yang pada gilirannya dapat menghambat kinerja Anda. Karena itulah selalu kelola dan kurangi stres dengan melakukan aktivitas seperti berolahraga, membaca, mendengarkan musik, yoga atau melakukan hobi di luar jam kerja.
Itulah beberapa cara bekerja efektif yang bisa Anda perhatikan. Pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu terkadang bukan karena terlalu banyak, tetapi Anda tidak dapat mengatur pekerjaan Anda dengan baik. Agar aktivitas kerja Anda berjalan lancar, coba praktikkan beberapa cara bekerja secara efektif dan efisiendi atas, ya.
Sumber : https://www.bni-life.co.id/en/lifeblog/7-ways-to-work-effectively-and-efficiently