Kapan terakhir kali Anda memberikan layanan pelanggan yang baik?
Zappos membangun kerajaan miliaran dolar dengan cara memberikan layanan pelanggan yang sangat baik.
Faktanya, memberikan layanan pelanggan yang sangat baik adalah salah satu nilai perusahaan Zappos: Tujuan kami sederhana: untuk hidup dan memberikan WOW. ” Dan meskipun ada ribuan cerita layanan pelanggan negatif di web, hanya ada sedikit cerita positif.
Baik Anda menyediakan layanan pelanggan melalui telepon, email, obrolan langsung, atau media sosial, kami telah mengumpulkan beberapa cerita favorit kami secara online dan membagikan pemikiran kami tentang apa yang membuatnya begitu bagus. Apa layanan pelanggan yang baik?
Berikut 5 cerita untuk menginspirasi Anda dan tim Anda untuk memberikan layanan pelanggan yang profesional dan berkualitas tinggi.
5 contoh layanan pelanggan yang baik untuk memberikan layanan yang hebat
Berikut adalah lima cara untuk menonjol dari keramaian untuk membantu Anda memberikan layanan pelanggan yang sangat baik.
1. Menanggapi secepat mungkin
Salah satu faktor terbesar dalam layanan pelanggan yang baik adalah kecepatan, terutama saat klien meminta sesuatu yang sensitif terhadap waktu. Beberapa tahun yang lalu, STELLAService melakukan laporan waktu respons dan menemukan bahwa rata-rata waktu respons email untuk 100 perusahaan ritel teratas adalah 17 jam. Saat ini, tidak jauh lebih baik karena studi layanan pelanggan sendiri menemukan bahwa waktu respons rata-rata adalah 12 jam.
2. Kenali pelanggan Anda
Interaksi yang hebat dimulai dengan mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda. Pelanggan menyukai personalisasi. Kenali pelanggan Anda, ingat nama dan percakapan mereka sebelumnya. Jika perlu, buat catatan tentang apa yang telah didiskusikan sebelumnya sehingga Anda dapat merujuknya pada pertemuan berikutnya.
3. Perbaiki kesalahan Anda
Tidak bertanggung jawab atas kesalahan Anda adalah cara ampuh untuk mendapatkan reputasi buruk. Transparansi penting dalam bisnis dan layanan pelanggan juga demikian. Selalu berusaha untuk mendapatkan hasil berkualitas tinggi karena ini menunjukkan bahwa Anda memiliki standar tingkat tinggi.
Seorang pelanggan Amazon memesan PlayStation baru untuk putranya untuk Natal. Ketika perusahaan pengiriman mengirimkan paket tersebut, pelanggan sedang pergi dan memiliki tanda tetangga untuk paket tersebut.
Tetangga meninggalkan paket tersebut di luar rumah pelanggan dan sayangnya, paket tersebut segera menghilang. Ketika pelanggan menyadari apa yang telah terjadi, dia benar-benar terkejut!
Meskipun Amazon tidak bisa disalahkan atas kesalahan ini, mereka dengan cepat menyelesaikannya dengan tidak hanya mengirim PlayStation baru pada waktunya untuk Natal, tetapi tidak mengenakan biaya untuk pengiriman tambahan.
Tim Kesuksesan Pelanggan di Amazon menunjukkan empati yang besar di sini terhadap pelanggan. Daripada berpegang teguh pada kebijakan pengembalian uang mereka, kemudian memilih untuk berbuat baik. Dan itulah yang paling penting.
4. Dengarkan pelanggan Anda
Mendengarkan pelanggan Anda tidak hanya akan menghasilkan pelanggan yang berhutang budi dan bahagia, tetapi juga bisa sangat membantu dalam hal menjaga diri Anda sendiri dalam radar mereka untuk bisnis masa depan.
5. Pikirkan jangka panjang – Pelanggan adalah seumur hidup
Pikirkan jangka panjang saat berhadapan dengan pelanggan. Dengan membuat pelanggan senang, mereka akan setia dan dari mulut ke mulut, akan melakukan pemasaran untuk Anda. Faktanya, menurut penulis Pete Blackshaw, pelanggan yang puas memberi tahu setidaknya tiga teman (sedangkan pelanggan yang marah memberi tahu 3.000!)
Sumber: https://www.superoffice.com/blog/five-ways-to-deliver-excellent-customer-service/