Menurut laporan High Fliers ‘The Graduate Market in 2019, pemberi kerja sektor publik diharapkan memberikan salah satu peningkatan terbesar dalam lowongan di pasar pascasarjana Inggris pada tahun 2019. Namun, meskipun lebih banyak peluang mungkin muncul, peran masih kompetitif dan Anda akan perlu menonjol dari keramaian untuk dipertimbangkan. Kami meminta tiga ahli untuk mengidentifikasi tujuh keterampilan paling penting untuk karier yang sukses di sektor layanan publik dan administrasi.
1. Pemecahan masalah dan berpikir kritis
‘Pengusaha sektor publik membutuhkan lulusan yang dapat mengeksplorasi akar penyebab masalah, menggunakan keterampilan analisis kritis mereka untuk memahami fenomena kompleks dan menawarkan serta menerapkan solusi,’ jelas Dr Jennifer Law, dosen utama BA Public Services di University of South Wales. ‘Siswa dapat mengembangkan keterampilan ini dalam berbagai cara melalui studi akademis, membantu menjalankan masyarakat siswa, menjadi perwakilan kursus atau melalui pengalaman kerja.’
2. Komunikasi
‘Keterampilan komunikasi sangat penting untuk membangun hubungan dengan pengguna layanan, kolega, dan mitra kolaboratif,’ kata Dr Law. ‘Anda harus mampu membujuk dan menjelaskan secara efektif, mendengarkan dengan baik, dan memvariasikan gaya lisan dan tulisan Anda untuk menyampaikan maksud Anda. Mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan ini selama di universitas, mempresentasikan dan menulis dalam berbagai bentuk. Mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih berbicara dan mendengarkan dalam kegiatan kelompok, seminar dan lokakarya. ‘
3. Kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui argumen yang masuk akal
‘Keterampilan verbal sangat penting karena, sementara orang membaca laporan, keputusan aktual dibuat melalui wacana dalam rapat, baik secara tatap muka atau dalam komite besar,’ kata Dr Hans Schlappa, direktur program Kepemimpinan dan Manajemen MSc dalam Pelayanan Publik. di Sekolah Bisnis Hertfordshire. ‘Mampu mensintesis informasi kompleks dan mengekspresikan interpretasi Anda sendiri tentang ini dengan cara yang jelas dan koheren adalah keterampilan yang membuka pintu ke puncak di sektor ini.’ Anda dapat berlatih menyusun argumen yang beralasan dan mengkomunikasikan opini Anda secara efektif dengan bergabung dalam komunitas debat di universitas Anda.
4. Menghormati hierarki
“Kami sering mendengar bahwa hierarki adalah sesuatu dari masa lalu tetapi desas-desus kematiannya dibesar-besarkan, tidak terkecuali di layanan publik,” jelas Dr Adrian Campbell, dosen senior dan penyelenggara Magister Administrasi Publik di Universitas Birmingham. Peka terhadap perbedaan dalam jabatan, status, dan latar belakang profesional saat berurusan dengan rekan kerja. Rasa hormat tidak diperlukan, tetapi diplomasi diperlukan. ‘
5. Ketahanan
‘Layanan publik berubah dengan cepat dan orang yang bekerja dalam lingkungan yang bergerak cepat ini harus tangguh,’ kata Dr. Law. ‘Ini menggabungkan kemampuan untuk bangkit kembali dari kesulitan, mengambil pendekatan positif untuk berubah, dan untuk bertahan serta mengatasi tekanan secara efektif.’
6. Kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif
‘Organisasi layanan publik semakin menyadari bahwa solusi untuk masalah yang mendesak, seperti kesenjangan harapan hidup antara yang terkaya dan yang termiskin dan kebutuhan untuk merencanakan kebutuhan populasi yang terus bertambah, melibatkan lebih dari satu organisasi,’ kata Dr. Law. ‘Lulusan dapat mengembangkan keterampilan seperti memahami perspektif orang lain, membangun hubungan dan mempengaruhi dan bernegosiasi dengan bekerja dengan orang lain selama mereka di universitas atau melalui kerja paruh waktu atau sukarela.’ Dr Campbell setuju. ‘Salah satu keterampilan yang paling berharga dalam pelayanan publik adalah kemampuan untuk bekerja melintasi batas dengan badan publik lain atau dengan mitra eksternal. Ini melibatkan belajar bahasa atau jargon pihak lain, memahami bagaimana mereka memandang dunia, bersikap kooperatif tetapi juga menjelaskan tentang hasil apa yang Anda butuhkan dari kerja sama. ‘
7. Kepemimpinan
‘Memimpin tanpa mengendalikan orang lain adalah permintaan utama yang dibuat oleh manajer sektor publik,’ jelas Dr Schlappa. ‘Menempatkan tindakan seseorang dalam kerangka strategis membantu mereka yang terlibat memahami alasan arah perjalanan.’
sumber : https://www.prospects.ac.uk/jobs-and-work-experience/job-sectors/public-services-and-administration/7-skills-for-a-successful-career-in-public-services