Administrasi Publik :

Akreditasi Prodi Administrasi Publik UMA
Program Studi Administrasi Publik Telah terakreditasi A sejak tahun 2018

Pengertian Administrasi Publik adalah seluruh proses yang dilakukan organisasi maupun perorangan yang berkaitan dengan penerapan atau pelaksanaan hukum dan peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta peradilan, terutama proses bagaimana kebijakan itu diimplementasikan.

Prodi S1 Administrasi Publik secara administratif berada di bawah pengelolaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Medan Area.

Prodi Administrasi Publik yang berdiri pada tahun 1984 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  No.054/0/1984, tanggal 6 maret 1984.

Program Studi Administrasi Publik  telah  terakreditasi oleh BAN-PT  dengan grade “B” berdasarkan SK  BAN-PT   No. 024/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/1/2013.

Pada tahun 2018 Program Studi Administrasi Publik telah melakukan re akreditasi, dan  oleh BAN PT diberi nilai dengan grade “A”  berdasarkan SK BAN-PT No. 1197/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018

Visi dan Misi

Pada Tahun 2025 menjadi Program Studi Administrasi Publik yang mendorong terwujudnya administrasi pelayanan dan pemberdayaan masyarakat serta memiliki keunggulan akademik yang mampumenghasilkan lulusan yang profesional

 Misi      Program Studi Administrasi Publik adalah:

  1. Meningkatkan kapasitas kelembagaan untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Mengembangkan kapasitas SDM dengan kompetensi keilmuan Administrasi Publik dengan konsentrasi pada manajemen dan kebijakan publik yang mendorong terwujudnya administrasi pelayanan dan pemberdayaan masyarakat yang memiliki relevansi dan daya saing nasional.
  3. Membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan mitra lembaga pendidikan tinggi dan stakeholders

Akreditasi Program Studi 

Administrasi Publik A No. 1197/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018

Tujuan

Adapun tujuan Program Studi Administrasi Publik Adalah Menghasilkan :

  1.  Lulusan yang profesional dan berkarakter dalam bidang Administrasi Publik di tingkat nasional yang memenuhi standar pasar kerja yang berdaya saing tinggi melalui implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan stakeholders di tingkat nasional.
  2.  Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kajian-kajian inovatif yang sesuai dengan perkembangan paradigma baru bidang Administrasi Publik yang dibutuhkan oleh masyarakat dan stakeholders serta berdaya guna bagi masyarakat.
  3.  karya-karya inovatif yang berwawasan kewirausahaan, kreatif, dan berdaya saing.4.Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Administrasi Publik untuk kemaslahatan umat.

Strategi Pengembangan Program Studi

 Meningkatkan mutu kinerja pendidikan administrasi publik melalui penerapan SCL dan pengembangan riset tentang manajemen, pelayanan dan kebijakan publik serta peningkatan kerjasama.

Struktur Organisasi Program Studi

Struktur organisasi yang ada di program studi terdiri dari :

  1. Ketua Program Studi, bertanggung jawab terhadap semua kegiatan akademik /non akademik yang ada di program studi.
  2. Kelompok Dosen kompetensi (KDK) terdiri dari para dosen yang memiliki kompetensi keilmuan yang sama yang berada di program studi tersebut.
  3. Dosen program studi, terdiri dari dosen dosen yang memiliki bidang ilmu sesuai dengan program studi.
  4. Pegawai program studi, bertugas membantu kegiatan yang ada di program studi dan bertanggung jawab langsung ke ketua program studi

Pimpinan Program Studi

Ka. Prodi. Administrasi Publik :           Nina Angelia, S.Sos, MAP

Unsur Penyelenggara Administrasi

Unsur penyelenggara administrasi yang ada di Program studi Administrasi Publik terdiri dari Ketua program studi, Sekretaris Program Studi, serta pegawai program studi yang melayani kebutuhan mahasiswa di program studi tersebut.

Unsur Gugus Kendali Mutu

Unsur Kendali Mutu diketuai oleh Ketua Program Studi dan dibantu beberapa orang dosen sebagai auditor dan tim pengendali mutu program studi.

Kurikulum

Program studi Administrasi Publik  Fakultas Isipol Universitas Medan Area disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja akan sarjana yang memiliki kompetensi dan keahlian

Mulai TA. 2016/2017 Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Medan Area menetapkan kurikulum baru.

Kurikulum ini merupakan hasil evaluasi terhadap kurikulum lama dan merupakan kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Kurikulum ini berlaku untuk semua angkatan baik baru maupun lama.

Kredit Semester yang harus di tempuh agar menjadi sarjana Administrasi Publik Adalah 145 SKS.

Profesi dan Karir Lulusan S1 Administrasi Publik

Lulusan Sarjana Administrasi Publik dapat bekerja dan berkarir di semua lembaga pemerintah dan non pemerintah.

Misalnya, di instansi pemerintah , BUMN, lembaga Keuangan, Lembaga Pelayanan Publik ( Swasta maupun Pemerintah ), sebagai pemimpin/manajer profesional, analis kebijakan, peneliti, dosen, Politisi, wirausaha, starup, dan lain-lain.

Bagaimana Bergabung di Prodi Administrasi Publik UMA?

Program Sarjana Universitas Medan Area akan di Buka mulai bulan Maret sampai dengan September 2020.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui online dengan mengunjungi situs pmb.uma.ac.id,

Dapat jugan dengan datang langsung di Kampus Universitas Medan Area dengan alamat Jl. Kolam Nomor 1 Medan Estate