kini Anda telah memahami aspek-aspek penting yg wajib Anda analisis. Selanjutnya Anda mampu memulai menganalis. tetapi ini butuh proses dan butuh taktik yang sempurna supaya seluruh berjalan sinkron dengan asa.
Terkait menggunakan analisis ini, terdapat empat seni manajemen yg bisa Anda kembangkan.
1. Melakukan analisis eksklusif
Langkah ini ialah titik awal buat analisis audiens Anda. Anda wajib bisa memperkirakan sendiri tentang audiens Anda. pada sini Anda bisa memulainya dengan melihat dalam kegiatan apa Anda melakukan presentasi. karena umumnya orang-orang yg hadir artinya orang-orang yg ada keterkaitan dengan aktivitas tadi.
Bila pada analisis ini timbul kesenjangan, ialah ada beberapa hal yang belum Anda ketahui. Ini dapat menjadi sasaran sisa aktivitas analisis audiens Anda. Jadi aktivitas analisis Anda akan jauh lebih efektif dan efisien.
dua. Wawancara dengan panitia penyelenggara
Wawancara dengan panitia penyelenggara bisa Anda lakukan jika Anda menjadi presenter yg diundang buat berbicara pada sebuah kegiatan. misalnya kegiatan seminar, pelatihan, kuliah awam atau yg lain. buat melaksanakan wawancara Anda bisa menghasilkan janji buat bertemu dengan panitia, Bila mungkin. Atau bisa juga menghubungi mereka memakai kontak telefon.
3. Wawancara dengan audiens
Jika Anda mempunyai akses buat berkomunikasi menggunakan beberapa audiens, Anda bisa memanfaatkan ini buat menggali gosip wacana diri mereka . tidak harus seluruh audiens, relatif dua atau 3 orang berasal audiens Anda. Meskipun ini tidak dapat menyampaikan berita tentang seluruh audiens yang akan hadir. namun ini permanen akan berguna bagi buat mempersiapkan presentasi Anda.
Bila wawancara ini tidak mungkin buat Anda lakukan jauh hari sebelum presentasi, Anda bisa memanfaatkan ketika menjelang atau waktu kegiatan presentasi mau dilakukan. pada hal ini Anda memang tak bisa menghasilkan perubahan akbar buat konten Anda. namun Anda dapat memakai beberapa kata kunci atau frase buat mengikuti keadaan dengan audiens Anda.
supaya bisa memanfaatkan ini menggunakan baik usahakan Anda datang lebih awal, sehingga Anda punya waktu buat menyapa audiens serta berinteraksi dengan mereka.
4. Lakukan pengamatan selama presentasi
strategi ini bisa Anda lakukan selama proses presentasi berlangsung. Ini memang tidak akan merubah apapun berasal presentasi Anda, namun ini akan membantu Anda buat presentasi berikutnya.
menjadi contoh, pada setiap presentasi training yang saya lakukan, saya selalu mencatat pertanyaan-pertanyaan khusus dari audiens. Pertanyaan-pertanyaan tadi membantu aku mengetahui bagian mana berasal materi yang perlu saya tambah, saya kurangi serta saya tekankan. lalu asal pengetahuan ini saya bisa meningkatkan kualitas presentasi aku buat pembinaan selanjutnya.
Ini bisa Anda lakukan buat presentasi Anda, meskipun audiens Anda akan berbeda, tetapi Bila topik yang Anda sampaikan masih sama cara ini akan memberikan sesuatu yang berharga buat presentasi Anda selanjutnya.
Itulah empat seni manajemen yang bisa Anda lakukan buat menganalisis audiens Anda. tetapi aku ingin mengingatkan setiap situasi presentasi mempunyai kebutuhan yg untuk presentasi dadakan analisis audiens hanya mampu Anda lakukan dengan mengamati sesaat sebelum presentasi Anda lakukan.
Jadi Anda tidak perlu terlalu sibuk buat melakukan analisis audiens secara mendalam. Anda hanya perlu tahu kecenderungan awam berasal audiens sebagai akibatnya menggunakan cepat Anda mengetahui apa yg ingin mereka dengarkan.
buat presentasi di kelas ketika mengajar atau presentasi rutin dalam departemen Anda, analisis audiens bisa Anda lakukan 15-30 mnt pada awal persiapan presentasi.
Mengapa relatif 15-30 mnt ?
sebab untuk presentasi jenis ini, umumnya audiens yang Anda hadapi sama.
Jadi Anda hanya perlu menganalisis apa yang ingin mereka dengar ketika itu terkait dengan topik yang Anda sampaikan.buat presentasi penting, pada mana Anda bertugas menjadi presenter yang diundang, analisis audiens dapat memakan waktu beberapa hari dan memerlukan donasi asal orang lain.